Pengantar Etika dan TSI

10 Mar

A. Pengertian Etika

Etika adalah suatu aturan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Etika juga sering disebut ilmu tentang kemoralan/ kesusialaan.

Etika tersebut juga termasuk di dalam ilmu filsafat yaitu ilmu pengetahuan yang menyelidiki  hakekat dari segala sesuatu untuk  mencari tahu kebenaran.

Kata etika itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat.

Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia melainkan mempersoalkan bagai mana manusia harus bertindak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat dimana meraka tinggal.

B. Perbedaan Etika dan Etiket

* Etika berarti moral, sedangkan Etiket adalah sopan santun

* Etika tidak terbatas pada cara melakukan sebuah perbuatan, sedangkan Etiket menyangkut cara melakukan perbuatan manusia

* Etika selalu berlaku walaupun tidak ada orang lain, Etiket hanya berlaku pada pergaulan

* Etika jauh lebih absolut, Etiket bersifat relatif

* Etika memandang manusia dari segi dalam, sedang Etiket hanya memandang dari segi lahiriah saja

Selain adanya perbedaan Etika dan Etiket yang dijabarkan diatas, ada juga persamaan dari Etika dan Etiket tersebut diantaranya sebagai berikut:

– menyangkut kehidupan manusia

– kedua-duanya mengatur kehidupan manusia secara normatif, yaitu memberi norma bagi perilaku manusia dan demikian menyatakan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

C. Etikadan TSI

Telah dijelaskan sebelumnya pengertian tentang Etika. Selanjutnya akan dibahas tentang Etika dan TSI (Teknologi Sistem Informasi). Tidak hanya di dalam masyarakat saja terdapat etika atau pun cara menilai seseorang dari perilakunya baik atau buruk.

Didalam ilmu Teknologi Sistem Informasi (TSI) juga ada etikanya. Dengan adanya etika tidak langsung dapat membuat manusia  menjadi lebih baik, melainkan etika merupakan sarana untuk mendapatkan orientasi yang lebih baik untuk menghadapi moralitas yang membingungkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Etika dan TSI sangat berkaitan satu dengan lainnya sehingga tidak dapat dipisahkan. Etika dalam TSI misalnya:

– sikap terhadap sesama, dalam TSI dapat ditunjukan dengan menghargai tulisan hasil karya orang lain dengan mencantumkan sumber ataupun link yang berkaitan apabila kita menggunakan karyanya.

Kapan kita gunakan Etika TSI? Kapan pun saat kita mengambil informasi yang telah ada sebelumnya. Dan biasanya Etika TSI berlaku secara tidak langsung di dalam dunia maya/internet. Siapa yang biasanya dikenakan Etika TSI? Biasanya yang dikenakan Etika TSI adalah seseorang yang biasa memberikan sumber informasi dan juga pengguna IT ataupun juga dapat seorang penulis yang mengutip suatu informasi dari penulis lain.

Sumber:

http://www.scribd.com/doc/38695906/ETIKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: