Archive | February, 2010

iPad, Komputer Tablet yang terbaru dari Apple

17 Feb

Orang lagi banyak banget sekarang ngomongin gadget ini, soalnya keren banget deh fitur-fiturnya. Pasti pada udah denger kan tentang iPad. Saya juga pertama kali liat ini gadget kaget banget soalnya pas nonton Grammy Award seorang pembaca nominasinya ngeluarin iPad ini dari saku jasnya. Sejak itu pengen banget punya gadget ini. Tapi setelah di search di google dan baca di majalah gadget ini baru bakan di keluarin ma Apple sekitar bulan Februari ini. Tapi kalo gitu kapan bias masuk ke Indonesianya??

Di sini saya akan mencoba ngerangkum apa aja sich ke hebatan computer tablet dari Apple ini. Sekitar 1 dasawarsa lalu, bill Gates pendiri cum bos perusahaan software merintis sebuah piranti mirip laptopdengan ukuran yang lebih kecil, ringan, berlayar sentuh, dan lebih compact/padat. Nah dari situ deh mulai di kenal dengan nama computer tablet. Waktu itu Bill Gates bilang “Komputer tablet bakal popular dalam 5 tahun ke depan,” hebat banget ya bias ngeramal masa depan.

Tapi sayang waktu itu proyek Gates ini terhambat , walaupun udah di dukung produsen computer besar kayak Dell dan Compaq proyek itu macet. Lalu baru deh Steve Jobs, bos perusahaan Apple macintosh ngambil alih hak paten teknologi ini sejak 2004. Tapi produk ini baru bisa di luncurkan berupa computer tablet mini pada 5 september 2007 lewat piranti iPod Touch. Yang cikal bakal dari iPhone dan computer tablet iPad.

Bila proyek gates jadi mendek, iPad justru udah di tunggu banget ma gadged freak di seluruh dunia. Tapi kenapa bisa gitu??? Katanya sih ya iPad bukan computer tablet biasa tapi katanya piranti yang serba bisa. “iPad jauh lebih menyenangkan disbanding laptop dan jauh lebih pintar dari smartphone,”kata Jobs.

iPad bisa dipakai buat mendukung pekerjaan (worksheet), mengakses multi media, berinternetan, sampe maen game. Jadi tambah pengen punya nih iPad. Trus di dalam iPad juga ada iTunes jadi pemakainya bisa langsung mendownload aplikasi, music ma video. Lengkap banget deh pokoknya. Juga di dukung iWorks yang dah di perbaharuin, di iPad juga disediakan aplikaasi iBook buat baca dan download e-book.

iPad memiliki ukuran layar sebesar 9,7 inchi dengan fitur touch screen didalamnya, iPad juga memiliki berat sekitar 600 gram (0,6 KG), fitur koneksi yang dimiliki iPad seperti layaknya netbook, Apple iPad ini memiliki fitur wi-fi serta bluetooth, Sistem Operasi iPad mirip dengan iPhone dan kabarnya sistem tersebut merupakan varian dari Mac OS X. Ini berarti tidak ada multitasking di dalamnya. iPad juga bisa melakukan syncronize data dengan komputer dengan sistem operasi macintosh ataupun windows. iPad pake prosesor buatan Apple A41 GHz, dan baterainya juga bisa 10 jam untuk penggunaan aktif dan sebulan untuk standby. Tanpa dipakai baterai tidah perlu di cas meski dibiarkan selama sebulan.

Tapi iPad juga masih punya banyak kekurangan kata Gizmodo.com di antaranya:

• Bentuk iPad dianggap terlalu besar

• tidak terdapatnya HDMI out pada iPad • tidak terdapatnya flash maupun adapter

• tidak support T-Mobile 3G

• Applikasi yang hanya bisa di beli di AppStore

• Tidak bisa menjalankan aplikasi secara bersamaan (multi tasking)

• Tidak ada port USB

• Kapasitas penyimpanan terbatas

• Tidak ada fitur camera

Sekian dulu penjelasan mengenai iPad. Moga bermanfaat. ^_^

Sumber: tabloid bintang, jakartacitydirectory.com,commfiles.com, google, dan berbagai sumber lain.

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Windows Vista & 7

16 Feb

Kita biasanya sudah mengenal yang namanya Windows yaitu Sistem Operasi yang di pakai untuk membantu kita menjalankan computer. Sistem Operasi Windows itu ada berbagai macamnya. Diantaranya Windows Vista dan Windows 7. Maka dari itu saya akan menguraikan sedikit mengenai Windows Vista dan Windows 7.

Windows Vista di keluarkan oleh Microsoft setelah Microsoft sukses mengeluarkan Windows XP. Windows Vista adalah pengembangan lebih lanjut dari Windows XP. Pertama kali Windows Vista dikeluarkan pada tanggal 30 November 2006 hanya diperuntukan untuk kalangan bisnis dan untuk kalangan rumahan di luncurkan pada tanggal 30 Januari 2007.

Sedangkan Windows 7 baru saja di luncurkan pada tanggal 28 Oktober 2009 kemarin. Fitur dalam Windows 7 ini banyak kesamaan dengan windows vista karena ini merupakan perbaikan dari Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain.

Pada Windows Vista dan 7 terdapat Windows Taksbar untuk mengerjakan banyak tugas dalam suatu waktu secara bersamaan. Pada Windows 7 terdapat peningkatan fungsi itu. Dan juga pada Windows Search.

Kelebihan dari Vista antara lain lebih aman, lebih mudah dalam mengakses data, lebih keren/ bagus penampilannya, bisa menjadian video sebagai wallpaper, grafis lebih bagus (otomatis lebih berat), lebih cepat dalam menjalankan program (tetapi harus dengan memori besar, karena sistem di Vista dimuktahirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi), penjadwalan proses lebih baik, penanganan deadlock lebih baik, mendukung partisi hard disk secara virtualisasi, secara rata-rata, vista lebih irit memakan power, vista lebih mendukung dalam multi-processor. Kalo kekurangan dari Windows Vista antaranya fitur-fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan Windows, bila spek computer minim akan terasa berat, dan terlalu banyak tampilan yang seharusnya di gunakan.

Kelebihan Windows 7 antara lain berjalan lebih cepat dibandingkan Vista, tapi masih sedikit lebih lambat dibandingkan XP, tapi untuk versi x64 merupakan versi yang paling cepat bila dibandingkan XP atau Vista. Fitur sekuriti yang benar-benar ketat. Jika sebelumnya kita bisa memaksa software untuk dapat diinstal di Vista (karena ada masalah kompatibilitas), kini tidak lagi. Lebih sedikit membutuhkan ruangan harddisk. Manajemen memory yang lebih baik. Pengaturan taskbar yang lebih baik. Hampir semua driver untuk Vista bisa digunakan di Windows 7. Help Tool yang lebih baik. Kekurangan dari windows 7 adalah ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di WIndows 7 (karena masih versi beta) dan
susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di VIsta, juga dipasang di Windows 7.

Source: Wikipedia, tabloid gaul, tempointeraktif.com, realitaanakkost.blogspot.com, felochan.vox.com, google.com