Archive | September, 2010

Preview Resident Evil : AfterLife

26 Sep

Iseng aja nih pengen share tentang film yang kemarin baru di tonton pas hari jumat..

Resident Evil: AfterLife

Sebenernya sih nih film secara keseluruhan keren banget secara cerita maupun efeknya.Sayangnya sih karena aq belum pernah nonton film yang sebelumnya jadi pas film dimulai rada2 bingung ceritanya tentang apa.. Hehe.. Padahal kalo udah nonton film yang sebelumnya pasti lebih ngerti jalan ceritanya sebelumnya..

tapi ga papa jg sih kalo belum nonton film sebelumnya trus pengen nonton film ini.. menurut aq yah action di film ini tuh gabungan film matrix+film zombie…

dan kalo dari segi akting pemainnya sih udah ga usah di tanya lagi, yang  maen aktinya keren2 deh.. apalagi ada cowo yang amen di prison break,haha.. lupa namanya siapa.. si Milla Jovovic jg dah mantep banget deh aktingnya jadi Alice dan yang jadi Claire juga keren banget aktingnya (lagi2 lupa nama aslinya siapa).. hehehe..

oh iya kan juga ada nih filmnya yang versi 3D, karena aq nonton yang versi biasa trus belum pernah jg nonton film sebelumnya.. jd kemungkinan lebih keren versi 3D kayaknya.. dan klo menurut aq sih nonton versi 3D lebih pusing karena harus pake kacamata 3D dan actionnya yang banyak banget jg nyeremin, makanya aq pilih nonton yang versi biasa..

yang pasti nih film recomended banget deh bagi yangmovie freak sayang banget kalo dilewatin..

Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia

26 Sep

Telah kita tahu sebelumnya bahwa Bahasa adalah alat untuk komunikasi suatu bangsa di suatu negara. Begitu juga dengan bahasa yang kita pergunakan sehari-hari yaitu bahasa Indonesia. Selain sebagai alat komunikasi antar sesama bahasa juga memiliki fungsi untuk:

(I)  mengungkapkan perasaan atau ekspresi diri seseorang
dengan menggunakan bahasa kita dapat menyampaikan suatu pesan kepada orang lain, misanya: seorang yang berkecimpung di bidang seni dapat mengungkapkan ekspresi dirinya dengan berpuisi atau menulis lagu yang merupakaan isi dari perasaannya.

(II) alat komunikasi
bahasa juga alat komunikasi antar manusia, apabila tidak ada bahasa maka antar sesama manusia tidak dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya.

(III) beradaptasi
bahasa juga merupakan alat untuk kita beradaptasi sesuai dengan lingkungan dimana kita berada, apabila tidak ada bahasa maka kita tidak dapat menyesuaikan diri kita terhapap lingkungan. Misalnya seseorang dari suatu daerah menggunakan bahasa daerahnya lalu orang tersebut pindah ke kota jakarta yang pada umumnya menggunakan bahasa indonesia, maka orang yang tadinya memakai bhs daerah mau tidak mau harus beradapasi dengan menggunakan bahasa Indonesia.

(IV) penyatuan
seperti kita ketahui bahwa di Indonesia terdapat banyak bahasa daerah yang di gunakan di daerah-daerah tertentu. oleh karena itu apabila tidak ada bahasa indonesia maka kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik antara satu daerah dengan yang lainnya.

(V) alat kontrol sosial
bahasa sebagai alat kontrol sosial di masyarakat, yaitu agar masyarakat dapat mengembangkan suatu ilmu pengetahuan yang ada dan juga teknologi yang ditemukan dengan menggunakan bahasa sebagai alat kontrol sosial.

Dalam “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25 s.d. 28 Februari 1975 dikemukakan bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia befungsi sebagai

(1) bahasa resmi kenegaraan,

(2) bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan,

(3) bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, dan

(4) bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Keempat fungsi itu harus dilaksanakan, sebab minimal empat fungsi itulah memang sebagai ciri penanda bahwa suatu bahasa dapat dikatakan berkedudukan sebagai bahasa negara.

Source: dari berbagai sumber