Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia

26 Sep

Telah kita tahu sebelumnya bahwa Bahasa adalah alat untuk komunikasi suatu bangsa di suatu negara. Begitu juga dengan bahasa yang kita pergunakan sehari-hari yaitu bahasa Indonesia. Selain sebagai alat komunikasi antar sesama bahasa juga memiliki fungsi untuk:

(I)  mengungkapkan perasaan atau ekspresi diri seseorang
dengan menggunakan bahasa kita dapat menyampaikan suatu pesan kepada orang lain, misanya: seorang yang berkecimpung di bidang seni dapat mengungkapkan ekspresi dirinya dengan berpuisi atau menulis lagu yang merupakaan isi dari perasaannya.

(II) alat komunikasi
bahasa juga alat komunikasi antar manusia, apabila tidak ada bahasa maka antar sesama manusia tidak dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya.

(III) beradaptasi
bahasa juga merupakan alat untuk kita beradaptasi sesuai dengan lingkungan dimana kita berada, apabila tidak ada bahasa maka kita tidak dapat menyesuaikan diri kita terhapap lingkungan. Misalnya seseorang dari suatu daerah menggunakan bahasa daerahnya lalu orang tersebut pindah ke kota jakarta yang pada umumnya menggunakan bahasa indonesia, maka orang yang tadinya memakai bhs daerah mau tidak mau harus beradapasi dengan menggunakan bahasa Indonesia.

(IV) penyatuan
seperti kita ketahui bahwa di Indonesia terdapat banyak bahasa daerah yang di gunakan di daerah-daerah tertentu. oleh karena itu apabila tidak ada bahasa indonesia maka kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik antara satu daerah dengan yang lainnya.

(V) alat kontrol sosial
bahasa sebagai alat kontrol sosial di masyarakat, yaitu agar masyarakat dapat mengembangkan suatu ilmu pengetahuan yang ada dan juga teknologi yang ditemukan dengan menggunakan bahasa sebagai alat kontrol sosial.

Dalam “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25 s.d. 28 Februari 1975 dikemukakan bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia befungsi sebagai

(1) bahasa resmi kenegaraan,

(2) bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan,

(3) bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, dan

(4) bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Keempat fungsi itu harus dilaksanakan, sebab minimal empat fungsi itulah memang sebagai ciri penanda bahwa suatu bahasa dapat dikatakan berkedudukan sebagai bahasa negara.

Source: dari berbagai sumber

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: